Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Semua Tipe Android

Mangkus.comCara Mengatasi Sinyal Hilang – Bagaimana cara mengatasi sinyal handphone hilang atau terputus-putus di Samsung, OPPO, Xiaomi, Zenfone, Lenovo, dan HP Android lainnya? Pemutusan tiba-tiba karena hilangnya sinyal secara tiba-tiba.

Banyak penyebab kenapa sinyal handphone hilang, seperti terjatuh, masuk air, terbentur sesuatu, atau bahkan tanpa sebab yang jelas tiba-tiba status sinyal hilang dan terlihat tidak stabil. Kebanyakan jenis smartphone Android serta iPhone juga dapat mengalami kejadian yang serupa.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang 2023

Saat sinyal handphone tiba-tiba hilang, otomatis koneksi data internet akan terputus (jika tidak menggunakan Wi-Fi), sehingga kita akan kesulitan melakukan koneksi telepon dan selalu gagal mengirim SMS.

Padahal, kondisi sinyal yang tidak stabil, yang terkadang tampak tenggelam, bisa menyebabkan ponsel menjadi overheat, dan akibatnya daya baterai juga akan terbuang sia-sia karena pengatur sinyal harus bekerja ekstra untuk menstabilkan dan memperkuat kondisi jaringan.

1. Gunakan Mode Pesawat

Kamu bisa meenggunakan mode pesawat pada perangkat. Untuk melakukan ini, cukup klik ikon dengan gambar pesawat di bilah notifikasi.

Artikel Menarik:  Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Hp 2023

Saat Mode Pesawat ini aktif, smartphone akan mematikan semua koneksi di perangkat. Setelah menggunakan mode, ponsel akan mencari server jaringan yang fresh dengan performa yang baik.

Biarkan mode Pesawat diaktifkan selama beberapa saat. Selanjutnya, ketuk ikon mode Pesawat lagi untuk mematikan mode Pesawat. Jika demikian, Anda dapat mencoba mengaktifkan kembali WiFi atau Data Seluler di ponsel. Periksa apakah sinyal telah muncul kembali.

2. Restart HP Anda

Cara mengatasi hilang sinyal pada handphone yang sering dilakukan adalah dengan merestart handphone. Dengan melakukan ini, HP akan memulai semua proses dari awal sehingga secara otomatis HP akan mencari jaringan baru.

Restart ponsel ini juga bisa mengatasi berbagai masalah yang muncul pada ponsel Anda, termasuk untuk mengatasi koneksi yang buruk hingga mengatasi ponsel yang lemot.

Cara merestart HP sendiri sangat mudah. Pada beberapa ponsel, Anda hanya perlu menekan tombol power (beberapa perlu menggabungkan tombol volume turun), lalu pilih opsi “reboot” atau “reboot ponsel”.

3. Cari Sinyal Secara Manual

Anda dapat mencoba mencari sinyal atau jaringan secara manual. Caranya sangat mudah. Silakan masuk ke pengaturan telepon atau pengaturan. Kemudian pilih Jaringan > Koneksi.

Artikel Menarik:  Cara Top Up Brizzi Lewat Mobile Banking BCA

Setelah itu pilih jaringan seluler > pilih operator > otomatis. Nantinya, HP akan berusaha mencari sinyal yang terdeteksi di sekitar Anda.

Anda juga dapat membuka Pengaturan telepon > Jaringan & nirkabel > pastikan mode 4G diaktifkan. Anda dapat memilih jenis jaringan LTE / WCDMA / GSM. Biarkan perangkat mengambil sinyal lagi

4. Sesuaikan Sinyal Radio

Untuk mengatasi sinyal hilang pada ponsel selanjutnya, Anda bisa mencoba menala sinyal radio. Untuk melakukan ini, masukkan kode ## 4636 ## di menu panggilan nomor telepon. Menu baru akan muncul.

Setelah itu, silahkan pilih opsi “Informasi Telepon”. Kemudian, klik bagian Run Ping Test. Jika sudah, scroll layar HP ke bawah dan pilih “LTE/GSM Auto (PRL)”. Tekan tombol “Matikan Radio”.

Jika semuanya sudah selesai, yang harus Anda lakukan adalah me-restart ponsel dan melihat apakah sinyalnya muncul kembali.

5. Coba Perbarui Sistem

Sebagai smartphone dengan software, tentu akan ada bug. Jadi, jika sinyal hilang adalah kesalahan sistem, tidak ada salahnya Anda memperbarui sistem di ponsel Anda. Dengan adanya update diharapkan sistem pada handphone menjadi lebih baik dan stabil serta banyak bug yang diperbaiki.

Artikel Menarik:  Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Efektif dan Mudah

Untuk memperbarui sistem, Anda dapat masuk ke pengaturan telepon. Setelah itu, buka Tentang ponsel > Pembaruan sistem >. Jika ada sistem baru, Anda bisa mendownloadnya. Setelah itu, instal pembaruan atau pembaruan di ponsel Anda.

Langkah terakhir, Anda tinggal melakukan reboot atau reboot ponsel. Pembaruan perangkat lunak akan diinstal secara otomatis di perangkat Anda.

Nah itulah cara mengatasi sinyal hilang di semua tipe android. Jika masih tidak berfungsi, pertimbangkan untuk membawa perangkat Anda ke pusat layanan agar diperbaiki oleh ahlinya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments