Cara Menutup Rekening BCA Beserta Syarat Ketentuannya

Mangkus.comCara menutup rekening BCA sangat mudah. Hanya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain itu, ada juga beberapa biaya tambahan yang perlu diperhatikan pelanggan.

Harap dicatat bahwa ada beberapa alasan mengapa pelanggan mungkin ingin menutup akun mereka. Alasannya bisa berasal dari internal maupun eksternal bank.

Cara Menutup Rekening BCA Secara Cepat Tahun 2023

Oleh karena itu, jika akun Anda tidak digunakan, lebih baik tutup saja. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membayar biaya administrasi bulanan. Untuk informasi lengkap cara penutupan rekening BCA, syarat dan biaya, silahkan simak uraian di bawah ini.

Persyaratan Penutupan Rekening BCA

Setiap pelanggan harus memiliki lebih dari satu akun. Sayangnya, hal ini akan membuat akun tersebut jarang digunakan, salah satunya adalah akun BCA.

Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menutup rekening BCA, ada satu hal lagi yang sangat penting untuk Anda ketahui, yaitu terkait dengan syarat dan ketentuannya.

Tentunya syaratnya juga sangat mudah, umumnya nasabah hanya perlu membawa sejumlah dokumen di bawah ini ke kantor cabang BCA terdekat.

  • Kartu Identitas (KTP).
  • Buku Akun.
  • Kartu ATM.
  • Biaya Penutupan Rekening BRI.
  • Hanya ada beberapa persyaratan dokumen yang diperlukan. Apalagi tata cara penutupan rekening BCA bisa dilakukan di kantor cabang terdekat.
  • Prosesnya juga sangat mudah karena Anda hanya perlu membawa persyaratan dan menemui petugas bank untuk menutup rekening.
Artikel Menarik:  Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Di Android

Setiap bank memiliki kebijakan dan ketentuan yang berbeda mengenai rekening tersebut. Pelanggan biasanya memilih untuk menutup rekening bank hanya karena ketidaksesuaian atau faktor lainnya. Untuk pihak BCA sendiri, ada beberapa cara penutupan rekening BCA yang bisa dilakukan, sebagai berikut:

1. Kosongkan Saldo

Metode paling umum pertama adalah mengosongkan saldo saat ini di akun terlebih dahulu. Ini sebenarnya hanya untuk saat Anda malas melakukan prosedur penutupan yang benar melalui kasir.

Ini memang cara termudah tapi tidak terlalu efektif karena akan lebih baik pergi ke kantor untuk mengurus penutupan rekening. Caranya adalah membuat saldo akun nol atau cukup membuat saldo akun kurang dari 50k.

Jika rekening kosong, maka tidak akan ada lagi transaksi yang terjadi pada rekening tersebut, baik hanya sekedar mentransfer atau menerima uang. Hal ini karena ada syarat rekening tidak aktif selama beberapa waktu dan otomatis ditutup oleh pihak bank.

2. Menutup Rekening Melalui Teller

Selanjutnya ada prosedur yang paling benar yaitu menutup rekening melalui kantor resmi terdekat. Pertama, persiapkan terlebih dahulu persyaratan utama yaitu berupa buku tabungan, KTP asli, dan juga kartu ATM. Bawa semua persyaratan tersebut lalu datangi kantor BCA terdekat.

Artikel Menarik:  Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Efektif dan Mudah

Kemudian, perhatikan terlebih dahulu biaya yang akan dikenakan saat rekening ditutup, dan pastikan saldo mencukupi. Jika saldo tidak ada, nantinya Anda diharuskan melakukan pembayaran sisa yang tidak bisa diambil langsung dari rekening. Namun jika saldo mencukupi, sejumlah tertentu akan dipotong sebagai biaya.

Menyiapkan semua hal ini akan membuat operasi berikut lebih mudah dilakukan. Jika sudah siap, pergi ke kasir dan lakukan hal berikut:

  • Datanglah pada jam kerja, Senin sampai Jumat
  • Selanjutnya, katakan jika Anda ingin menutup akun untuk administrator
  • Akan ada beberapa formulir yang harus diisi terlebih dahulu, jadi isi formulir sambil menunggu antrian selesai
  • Kemudian, mereka akan diarahkan ke CS dan biasanya ada komunikasi terlebih dahulu mengenai masalah atau ketidaknyamanan yang dirasakan.
  • Umumnya, komunikasi ini dimaksudkan untuk membatalkan permintaan penutupan akun tetapi akan membantu penutupan akun nantinya.
  • Saat negosiasi dan niat sudah teralihkan, kirimkan sejumlah persyaratan yang nantinya akan diminta seperti buku tabungan ke kartu kependudukan.
  • Dengarkan apa yang dikatakan CS dan lakukan seluruh prosedur.
  • Menutup rekening ini nanti akan memberikan sisa uang yang masih ada di rekening melalui teller.
Artikel Menarik:  Cara Print Ulang EDC BCA Yang Mudah Bagimu

3. Membayar Biaya Penutupan BCA

Menutup akun tidak gratis, ada biaya untuk menutupnya dan berbeda-beda sesuai dengan jenis akun. Untuk Tahapan BCA, Tapres BCA dan Tahapan Gold BCA biaya penutupan hanya 50rb. Untuk Tahapan Xpresi BCA lebih murah hanya 10 ribu saja.

Demikian langkah-langkah cara menutup rekening BCA termudah tanpa kesulitan. Pastikan terlebih dahulu bahwa akun tersebut tidak akan pernah benar-benar digunakan lagi agar tidak kesulitan saat harus mengurusnya kembali.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments