Cara Agar Tidak Kecanduan Hp Bagi Anak

Mangkus.comCara Agar Tidak Kecanduan Hp – Di era digital seperti saat ini, banyak orang yang tidak terlepas dari gadget. Bahkan ada yang merasa resah, cemas, bahkan marah jika tidak memiliki cukup akses ke ponselnya.

HP sudah memberikan banyak dampak positif bagi penggunanya, seperti mempermudah berkomunikasi, mempermudah mencari informasi, dapat digunakan sebagai sarana bekerja dan belajar, dan masih banyak lagi. Namun, Anda harus tahu bahwa menggunakan terlalu banyak alat juga bisa berdampak negatif.

Cara Agar Tidak Kecanduan Hp Bagi Supaya Lebih Produktif!

Seorang ilmuwan perilaku, Susan Wenchink, menjelaskan bahwa hormon dopamin adalah alasan mengapa seseorang mengembangkan kecanduan ponsel. Dopamin sendiri merupakan hormon yang mengatur rasa nikmat pada tubuh Anda.

Selain dapat menimbulkan perasaan senang, ternyata dopamin juga dapat menimbulkan dorongan atau dorongan dalam diri Anda untuk mencari hal-hal yang dapat membuat Anda bahagia.

Hal inilah yang akhirnya bisa mendorong Anda untuk terus mencarinya dan akhirnya kecanduan gadget.
Bagaimana Anda menghadapi ini? Berikut cara mengatasi kecanduan ponsel, dilansir Mangkus dari berbagai sumber:

1. Jadilah Panutan Bagi Anak

Anak-anak adalah “peniru ulung”, jadi kami berharap ibu dan ayah bisa menjadi teladan bagi mereka. Jika anak sering melihat ayah atau ibunya atau orang-orang disekitarnya bermain alat hingga larut malam atau makan sambil bermain, bukan tidak mungkin anak-anak akan meniru perbuatan tersebut.

Artikel Menarik:  Cara Mengirim Foto Lewat Dokumen Whatsapp

Oleh karena itu, cara nomor satu untuk mengatasi kecanduan gadget adalah dengan memberikan contoh yang baik kepada anak. Sebisa mungkin jangan bermain alat di depan anak dan gunakan alat dengan sewajarnya.

2. Batasi Dan Awasi Penggunaan Hp Pada Anak

Untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, sebaiknya waktu akses ke gadget dibatasi, ya. Tentukan durasi dan jadwal menjalankan alat, misalnya 1-2 jam sehari.

Selain itu, awasi si kecil saat mengoperasikan gadget, agar tidak terjerumus pada konten pornografi atau kekerasan. Jika gadget memiliki fitur pembatasan usia, terapkan fitur ini untuk membatasi waktu dan jenis aplikasi atau tampilan yang dapat diakses anak-anak.

Dalam menerapkan batasan ini, Bunda harus tegas, ya. Latih si kecil untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum mengoperasikan alat dan mengembalikannya dengan benar setelah selesai digunakan. Simpan gadget di tempat yang tidak diketahui si Kecil agar tidak bisa digunakan tanpa seizin Bunda.

3. Lakukan Kegiatan Yang Menyenangkan Bersama Anak

Untuk mengatasi kecanduan gadget, Bunda bisa merancang aktivitas lain yang menyenangkan untuk mengalihkan perhatian anak. Ajak si kecil bersepeda, jogging pagi, memasak bersama, menggambar atau melukis bersama, atau berkebun di halaman.

Artikel Menarik:  Cara Pinjam Uang Di Livin Mandiri 2023

Selain itu, ajak si kecil ke taman dekat rumah agar ia bisa bermain bersama teman sebayanya. Bila perlu, Bunda bisa mengajak anak-anak tetangga untuk berkunjung ke rumah dan bermain bersama Si Kecil. Selain membuatnya lupa alat, cara ini bisa meningkatkan interaksi sosial anak Anda.

4. Tentukan Area Bebas Gadget Di Dalam Rumah

Anda bisa menetapkan ruang-ruang bebas gadget di dalam rumah, misalnya ruang makan, ruang keluarga, atau kamar tidur. Artinya, selama berada di ruangan ini, tidak seorang pun diperbolehkan menggunakan alat. Pastikan ibu dan ayah juga mematuhi aturan ini, oke?

5. Beri Tahu Anak-Anak Tentang Bahaya Menggunakan Alat Dalam Waktu Lama

Bunda bisa mendiskusikan bahaya obesitas atau sakit mata jika anak banyak duduk, bermain dengan alat, dan jarang bermain di luar.

Selain itu, jelaskan kepada anak Anda dengan bahasa yang sederhana bahwa gadget dan internet bisa menjadi tempat yang berbahaya bagi mereka, apalagi jika anak Anda juga bermain di media sosial.

Artikel Menarik:  Cara Mengetahui User ID BCA Tanpa Ke Atm

Tidak masalah mendiskusikan orang jahat yang bertindak melalui media sosial, asalkan Anda juga berdiskusi bersama bagaimana menghindari masalah ini, misalnya dengan menyetujui bahwa penggunaan gadget harus selalu dipantau. Pastikan anak Anda merasa aman dan tidak terlalu khawatir.

6. Berikan Mainan Yang Sesuai Dengan Usia Anak

Cara lain untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget adalah dengan memberikan mainan yang sesuai dengan usianya.

Untuk anak-anak antara usia 1 dan 3 tahun, mainan yang cocok adalah permainan kubus, teka-teki, krayon dan buku bergambar, atau mainan profesional. Anak-anak yang lebih besar juga dapat diberikan permainan ini pada tingkat kesulitan yang dimodifikasi.

Demikian cara agar tidak kecanduan hp bagi anak. Berbagai tips yang disebutkan di atas akan membantu orang tua membimbing anak dan melindunginya dari potensi bahaya seperti kecanduan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments