Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Hp 2023

Mangkus.comCara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca – Mereka yang sedang kuliah atau sudah bekerja di kantor seringkali perlu menyimpan data. Umumnya, data berupa pekerjaan atau tugas tersimpan rapi di media penyimpanan elektronik.

Salah satu disk yang paling banyak digunakan adalah flash disk. Karena kecil, tidak menempati ruang, dan harganya lebih ekonomis. Tentu saja jika terjadi sesuatu pada flashdisk Anda, data di dalamnya juga bisa hilang. Maka tentunya diperlukan cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Dengan Mudah

Namun terkadang setelah menghubungkan flashdisk menggunakan OTG ke smartphone, flashdisk yang kita sambungkan tidak bisa terbaca sama sekali. Berikut ini saya rangkum beberapa cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di handphone.

1. Aktifkan Pengaturan OTG

Sebelum menghubungkan flash drive OTG ke smartphone, aktifkan terlebih dahulu opsi OTG di bagian pengaturan seluler. Jika opsi OTG tidak diaktifkan, flash drive yang Anda sambungkan tidak akan terbaca.

Artikel Menarik:  Cara Transfer Virtual Accaount Bank Lain Dari BCA

2. Reboot Atau Hidupkan Ulang HP

Restart atau reboot HP bagus untuk mengembalikan performa sistem termasuk RAM yang awalnya penuh dengan cache/file sementara, kemudian setelah selesai reboot HP akan ngebut seperti saat booting HP baru.

Ternyata selain menguras kapasitas RAM, reboot juga bisa mengatasi semua proses yang mengalami crash baik saat membuka aplikasi maupun saat menggunakan perangkat seperti flashdisk.

3. Periksa Konektor USB OTG

Ada dua jenis OTG yang berbeda, ada yang menggunakan kabel, ada yang tidak menggunakan kabel, dan hanya menyediakan port USB dan konektor ponsel.

Untuk tipe OTG yang masih menggunakan kabel, perlu dilakukan pengecekan kondisi kabel jika flashdisk yang terhubung melalui OTG tidak terbaca.

Penyebabnya mungkin kabel sering ditarik kemudian kabel dalam putus. Atau bisa juga coba sambungkan USB OTG ke perangkat lain, untuk melihat apakah OTG nya rusak atau tidak.

4. Bersihkan Konektor OTG

Pastikan status port USB dan konektor HP bersih. Karena debu atau kotoran lain yang hinggap pada konektor handphone dapat mengganggu proses pembacaan data atau file.

Artikel Menarik:  Cara Berlangganan Spotify Yang Super Murah

Apa Yang Menyebabkan Flash Disk Rusak Atau Tidak Terbaca?

1. Kondisi Konektor Atau Port USB Kotor

Agar penggunaan USB tidak terganggu dan operasinya stabil, kita perlu menjaga kebersihan konektor dan port USB setiap kali kita ingin menggunakan konektor.

Biasanya debu yang mengendap di permukaan konektor akan berdampak buruk, misalnya saat Anda menggunakan flash disk, lalu tiba-tiba flash disk menjadi tidak terbaca. Jika hal ini sering terjadi, kemungkinan file yang ada di flashdisk corrupt atau error.

2. Flashdisk Yang Digunakan Bukan Flashdisk Original

Sering sekali saya melihat flashdisk dengan merk yang sama namun harganya jauh lebih murah dari yang dijual di official store. Selain itu, tidak ada jaminan yang dapat melindungi data pengguna.

Sebaiknya sebelum kita membeli barang tersebut, kita perlu mengecek terlebih dahulu apakah barang tersebut palsu atau tidak. Namun, saya sarankan membeli dari toko resmi yang kualitas dan jaminannya jelas.

3. Ada Malware

Flashdisk merupakan perangkat penyimpanan yang sering digunakan untuk berbagai macam keperluan. Flashdisk biasanya terpasang di berbagai perangkat mulai dari PC, laptop, handphone, dll.

Artikel Menarik:  Cara Cek NPWP Online Secara Mudah!

Sebelum Anda menghubungkan flash drive ke perangkat apa pun, jalankan pemindaian terlebih dahulu untuk melihat apakah perangkat tersebut mengandung malware. Agar file yang ada di flashdisk tidak terkontaminasi virus berbahaya.

Sudahkah Anda mencoba semua cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di hp 2023? Kami berharap solusi yang anda berikan dapat mengatasi masalah flashdisk yang tidak terbaca pada handphone yang anda hadapi. Terimakasih!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments