Cara Mengecek Tunggakan BPJS Kesehatan Yang Tepat

Mangkus.comCara Mengecek Tunggakan BPJS – Peserta BPJS Kesehatan kategori mandiri wajib membayar tagihannya tepat waktu setiap bulan.

Hal ini harus dilakukan agar peserta dapat menikmati fasilitas pengobatan gratis di klinik dan rumah sakit. Jika peserta terlambat membayar atau menunggak, maka akan dikenakan denda selain keterlambatan tagihan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengecek tagihan BPJS Kesehatan Anda agar tidak lupa membayarnya.

Cara Mengecek Tunggakan BPJS Yang Gampang 2023

BPJS Kesehatan memberikan manfaat. Banyak orang telah mengalami berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga yang berat secara gratis. BPJS Kesehatan adalah salah satu jenis asuransi, dan ada biaya yang harus Anda bayar.

Meskipun pemerintah memberikan keringanan dengan bantuan. Pemerintah membebaskan biaya bagi yang kurang mampu.

Sedangkan bagi masyarakat yang mampu, Anda harus membayar iuran setiap bulan. Tentu saja, tidak semua orang membayar iurannya sendiri. Sebaliknya, itu dibayar melalui perusahaan tempat dia bekerja. Iuran tersebut berasal dari gaji bulanan.

Jumlah biaya bulanan bervariasi menurut musim. Tapi tenang saja, premi bulanannya masih terbilang lebih murah dibandingkan asuransi kesehatan. Ini adalah jumlah iuran yang harus dibayar berdasarkan bab.
Cara cek tagihan BPJS Kesehatan di ponsel sangat mudah.

Artikel Menarik:  Cara Menyambungkan Hp Ke TV Tanpa Kabel 2023

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

Dengan meningkatnya kemudahan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan untuk mengakses layanannya, kini Anda dapat melakukan semuanya secara online.

Tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS, apalagi jika daerah tempat tinggal Anda jauh atau kantor cabang terdekat tidak tersedia.

Maka dari itu, cara-cara di bawah ini juga memudahkan Anda untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan Anda secara online, sehingga Anda dapat mengaksesnya di mana saja selama Anda memiliki koneksi internet.

1. Gunakan Mobile App JKN

BPJS Kesehatan kini telah meluncurkan aplikasi khusus untuk mengakses layanan yang disediakan bernama Aplikasi Mobile JKN. Apk berikut dapat di download oleh semua orang, baik user Android atau user iPhone.

Cara ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan tagihan dari BPJS Kesehatan bagi peserta mandiri atau keluarga. Ingin tahu caranya? Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Install aplikasi Mobile JKN melalui Google PlayStore atau AppStore di handphone Anda
  • Buka aplikasi setelah menginstalnya dan daftarkan akun baru jika Anda belum memilikinya sebelumnya
  • Kemudian login dengan akun JKN yang sudah Anda miliki
  • Klik menu Billing, lalu pilih menu Premium
  • Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, setelah itu informasi pembayaran tagihan akan ditampilkan di layar ponsel.
Artikel Menarik:  Cara Transfer BCA Ke DANA Tanpa Biaya Administrasi!

2. Melalui Website Resmi BPJS Kesehatan

Selain browsing aplikasi, Anda juga bisa mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan di https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ untuk mengecek tagihan atau tunggakan bulanan Anda.

Cara ini efektif dan memudahkan peserta yang aktif menggunakan koneksi internet. Setelah Anda mengunjungi halaman situs web resmi, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik menu Cek Iuran BPJS Kesehatan yang yang ada pada menu opsi kanan halaman beranda
  • Selanjutnya isikan data-data seperti 13 digit nomor kartu BPJS Kesehatan dan tanggal lahir, serta jangan lupa nomor verifikasi yang ada di halaman tersebut.
  • Lalu klik tanda checklist dan akan tampil jumlah tagihan dan pemberitahuan lainnya seperti nama pelanggan, status keanggotaan.

3. Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui NIK Melalui SMS

Meskipun cara ini tidak memerlukan koneksi internet, namun sangat penting untuk dilakukan, terutama jika Anda lupa nomor BPJS Kesehatan, atau kartu hilang atau rusak.

Nomor BPJS Kesehatan penting karena dimanfaatkan untuk berbagai layanan, salah satunya membayar tagihan bulanan. Oleh karena itu, tersedia layanan verifikasi nomor melalui jaringan online maupun offline, seperti layanan SMS gateway.

Artikel Menarik:  Cara Melacak Hp Dengan Email Di Tahun 2023

Kamu dapat cek nomor SMS BPJS Kesehatan melalui dua langkah, diantaranya dengan memanfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Gunakan salah satu dan ketik NIK/NIP <spasi> nomornya dan kirim ke 400-5500-08777. Setelah mendapatkan kembali Nomor Peserta BPJS Kesehatan, simpan dan jangan pernah lupa lagi.

Itulah berbagai cara mengecek tunggakan BPJS Kesehatan yang bisa Anda lakukan secara rutin untuk menghindari keterlambatan pembayaran dan denda.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments