Cara Cek BPOM Online, Mudah Dan Aman!

Mangkus.omCara Cek BPOM – Obat-obatan dan makanan yang kita konsumsi dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika mengandung zat-zat berbahaya, oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk memeriksakan produk medis dan makanan BPOM sebelum mengkonsumsinya.

Cara ini diterapkan agar Anda terhindar dari penggunaan obat dan makanan palsu yang dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Cara Cek BPOM Dengan Mudah Tahun 2023

BPOM adalah singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, lembaga ini bertugas menguji dan memastikan obat atau makanan yang terdaftar melalui BPOM dijamin aman bagi kesehatan penggunanya.
Apa perbedaan antara BPOM dan Halal?

Meski terlihat mirip, kedua sertifikasi ini memiliki perbedaan. Izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM adalah surat keterangan yang menjamin bahwa produk kesehatan dan makanan memiliki standar mutu yang sesuai dengan BPOM.

Sedangkan Sertifikasi Halal yang dikeluarkan MUI berfungsi untuk memastikan bahwa produk yang telah bersertifikat Halal tidak melanggar syariat Islam. Oleh karena itu, tidak semua produk kesehatan dan makanan yang terdaftar di BPOM memiliki sertifikasi Halal.

Artikel Menarik:  Berikut Cara Pinjam Uang Di Aplikasi LinkAja

Adanya status label BPOM yang tertera pada produk, hal ini menandakan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi dan digunakan oleh konsumen.

Dalam Perpres No. 80 Tahun 2017, dijelaskan tugas, fungsi, dan wewenang BPOM dalam pengawasan produk obat dan makanan yang beredar di Indonesia. Ini tiga langakah mudah untuk mengeceknya:

1. Cek Nomor BPOM Pada Produk

Cara pertama yang dpat kamu praktekkan adalah dengan cek pada nomor registrasi BPOM yang tertulis pada suatu produk. Nomor BPOM menunjukkan apakah produk kosmetik atau perawatan kulit yang digunakan asli atau palsu. Namun, produk yang memiliki nomor BPOM tidak dijamin aman. Anda tetap harus mengecek ulang website resmi BPOM.

Bagian nomor pada BPOM kosmetik terkadang tertera pada bagian belakang atau atas suatu produk kosmetik. Nomor angka BPOM biasanyaa ada 2 huruf serta 11 angka. Namun apabila jumlahnya lebih atau kurang, kamu wajib waspada akan produktifitas pada produk kosmetik itu.

2. Pastikan Nomor Registrasi Tercatat Di BPOM

Tips cek nomor yang kedua adalah melalui cara membuka web link checkbpom.pom.go.id. di beranda tersebut, kamu dapat mengecek bahwa nomor BPOM pada produk telah terdaftar secara resmi.

Artikel Menarik:  Cara Topup Dana Lewat Atm Bri Yang Simpel

Saat Anda membuka halaman tersebut, Anda akan melihat statistik tentang produk-produk yang telah mendapat izin distribusi, baik tahunan maupun bulanan.

Selain itu, juga akan ditampilkan berapa banyak produk yang paling banyak didaftarkan dalam lima tahun terakhir. Untuk mengecek nomor pendaftaran kosmetik, Anda bisa memilih kolom produk di kiri atas. Selanjutnya, ada beberapa pilihan produk yang tertera, yaitu:

  • Obat tradisional.
  • Suplemen kesehatan.
  • Obat kuasi.
  • Produk makanan.

Akan ada banyak spesifikasi yang akan anda dapatkan yaitu :

  • Nomor pendaftaran produk dan tanggal rilis.
  • Deskripsi lengkap tentang produk, seperti nama produk, merek, bentuk sediaan produk, dan ukuran kemasan.
  • Penerbit dan pendaftar produk.
  • Deskripsi tempat produksi produk.

Jika Anda menemukan beberapa penjelasan di atas, maka bisa dipastikan bahwa suatu obat, kosmetik, atau makanan sudah berlabel aman untuk digunakan.

3. Melalui Aplikasi

Cara mengecek nomor BPOM yang terakhir adalah menggunakan sebuah aplikasi yang diresmikan oleh BPOM. Kamu bisa mendownload aplikasinya lewat Google Play Store atau App Store.

Artikel Menarik:  Cara Topup Flazz BCA Via OVO Dengan Mudah

Aplikasi ini akan memudahkan konsumen mengetahui status pengesahan suatu produk yang sudah terdaftar di BPOM atau belum. Selain itu, aplikasi BPOM juga dapat memastikan apakah kosmetik yang Anda gunakan asli atau palsu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi “Cek BPOM” dari Google Play Store atau App Store.
  • Di layar Beranda, klik Semua Produk.
  • Kemudian pilih pencarian berdasarkan kategori produk di BPOM.
  • Pilih “Product Name/Trade Name”, dan ketikkan nama produk kosmetik tersebut pada kolom “Word
  • Search”. Jika produk sudah terdaftar maka akan muncul informasi tentang produk kosmetik tersebut.

Nah itulah cara cek BPOM online yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Semoga tulisan tersebut dapat membantumu, terimakasih!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments