Cara Buat Google Form Absensi Bagi Guru

Mangkus.comCara Buat Google Form Absensi – Absensi siswa merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan guru selama pembelajaran berlangsung.

Bagaimana Anda melakukan absen dalam formulir Google? Namun, jika jumlah siswa dalam satu kelas terlalu banyak, kehadirannya akan memakan waktu lama, yang berarti berkurangnya waktu untuk pembelajaran dasar.

Cara Buat Google Form Absensi Bagi Guru Yang Mudah Dan Praktis

Waktu belajar seringkali singkat di masa pandemi, sehingga tidak selama sebelumnya. Sayang sekali jika waktu belajar diperpanjang untuk mengakomodasi siswa. Siswa membutuhkan cara yang efisien untuk mempresentasikannya, tanpa membuang waktu pelajaran yang penting.

Salah satu cara guru dapat memastikan bahwa siswa hadir dan terlibat dalam pembelajaran adalah dengan memeriksa kehadiran online di Google Formulir. Di Google Forms, membuat daftar hadir cepat dan mudah, dan Anda tidak perlu membeli aplikasinya, karena Google sudah menawarkannya secara gratis.

Sebagai seorang guru tentunya membutuhkan kuota internet karena pengisian formulir absensi Google harus dilakukan secara online. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan Formulir Absensi Siswa Google:

Siapa pun dapat masuk menggunakan formulir google karena sangat mudah digunakan. Formulir Kehadiran Google mudah dibuat dan diisi, bahkan siswa sekolah dasar pun dapat melakukannya tanpa bantuan orang tua.

Google Forms mudah dibuat dan tersedia secara gratis atau tanpa pendaftaran dalam browser untuk pendidik dengan basis teknis yang baik. Pengajar dan siswa dapat membuat link absensi dan mengisinya menggunakan Google Form menggunakan laptop atau handphone.

Anda dapat melihat hasil pengisian absensi siswa dalam spreadsheet yang dapat diunduh dalam format excel atau pdf. Anda harus memiliki akun Google untuk menggunakan Formulir Google.
Bagaimana cara membuat absensi di google form? Anda dapat memeriksa informasi lengkap tentang peluang ini.

1. Buka Formulir Google

cara buat google form absensi

Ada beberapa cara untuk membuka Google Formulir untuk Anda. Yang pertama adalah mengunjungi https://docs.google.com/forms/u/0/

Yang kedua adalah mengklik sembilan titik di pojok kanan atas layar. Setelah muncul pilihan fitur, guru pintar mengklik tombol +, dan memilih opsi Blank atau Blank form untuk membuat form baru.

Anda dapat memasukkan judul dan deskripsi pada Google form yang akan dibuat untuk memudahkan pencarian dan identifikasi file. Jika diperlukan, Anda dapat memberikan judul dan deskripsi untuk formulir tersebut, misalnya “Kehadiran Kelas 1A” dengan tag. Cara membuat absensi di google form sangat sederhana.

2. Buat Formulir Baru

Untuk memberi judul, klik tulisan “Untitled Form” di pojok kiri atas. Anda mengklik kata “Deskripsi Model” dan kemudian memasukkan judul. Untuk deskripsi, klik kata “Deskripsi Model” dan buka deskripsi.

3. Buat Kolom Nama Siswa

Jika Anda ingin siswa menuliskan nama mereka, setel mode pertanyaan ke Jawaban Singkat. Jika Anda ingin siswa cukup mengklik namanya, setel mode pertanyaan ke dropdown, lalu ketikkan nama siswa di daftar yang tersedia.

Caranya adalah dengan menambahkan pertanyaan dengan mengklik tombol “+” plus di sebelah kanan. Anda harus segera mencoba cara membuat absen di formulir Google ini.

4. Buat Kolom Tabel

Kolom waktu atau jadwal merupakan salah satu elemen yang akan disertakan dalam form absensi Google. Dengan demikian, siswa cukup mengklik tanggal yang sesuai dengan hari dan waktu pengisian.

5. Buat Kolom Informasi Tambahan Sesuai Kebutuhan

Buat kolom informasi lain seperlunya untuk menambahkan kolom pertanyaan. Caranya sama seperti di atas. Anda dapat mengklik tombol tambah, atau jika ingin membuat kolom sama dengan yang sebelumnya, klik ikon ulangi di bawah, di sebelah ikon tempat sampah.

Tulis informasi tambahan yang diperlukan di bagian pertanyaan, termasuk topik yang dipelajari, pertanyaan, dll. Anda harus mencoba cara membuat absensi di google form.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan kepada anda semua terkait cara buat google form absensi bagi guru, semoga bermanfaat!

Leave a Comment