Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Permanen

Mangkus.comCara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Permanen – WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang banyak digunakan orang. Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah banyaknya fitur WhatsApp yang menarik bagi para penggunanya.

Salah satu fitur tersebut adalah cara mengembalikan obrolan yang dihapus secara permanen tanpa aplikasi. Fitur ini tentunya memudahkan pengguna untuk menemukan pesan penting yang telah dihapus.

Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Permanen Dengan Sangat Mudah!

WhatsApp (WA) saat ini banyak digunakan untuk pekerjaan, bisnis, pendidikan dan kebutuhan lainnya. Untuk itu, pengguna perlu melakukan backup data agar pesan di WhatsApp bisa disimpan secara online.

Jika sudah penasaran, berikut ini cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus permanen tanpa aplikasi.

1. Periksa Folder Surat Sampah Anda

Langkah pertama untuk memulihkan file WhatsApp yang dihapus secara permanen di Android adalah dengan memeriksa folder tempat sampah. WhatsApp memiliki fitur folder sampah yang secara otomatis menyimpan file yang dihapus oleh pengguna selama 30 hari.

Untuk menemukan folder Sampah di WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Selanjutnya, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas layar. Kemudian pilih opsi “Pengaturan” dan pilih “Obrolan”. Di bawah opsi “Obrolan”, Anda akan menemukan opsi “Sampah”. Ketuk opsi untuk melihat file yang dihapus dalam 30 hari terakhir.

Artikel Menarik:  Cara Daftar Bansos Online Dengan Mudah

Jika file yang ingin dikembalikan ada di folder Trash, Anda bisa mengembalikannya dengan mudah. Pertama, buka folder Sampah dan temukan file yang ingin Anda pulihkan. Selanjutnya, ketuk dan tahan file tersebut dan pilih opsi “Pulihkan”. File akan dikembalikan ke folder aslinya di WhatsApp.

Namun, jika file tidak muncul di folder Sampah, kemungkinan besar file tersebut telah dihapus secara permanen dan tidak dapat dipulihkan dengan cara ini. Oleh karena itu, Anda harus melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mencoba memulihkan file yang terhapus.

2. Periksa Riwayat Obrolan Anda

Langkah kedua untuk memulihkan file WhatsApp yang dihapus secara permanen di Android adalah dengan memeriksa riwayat obrolan. Riwayat obrolan WhatsApp terus disinkronkan dengan server WhatsApp, yang berarti bahwa file yang dihapus dari obrolan mungkin masih tersimpan di server.

Untuk memeriksa riwayat obrolan di WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke obrolan tempat file dikirim atau diterima. Selanjutnya, ketuk dan tahan pesan yang berisi file yang ingin Anda pulihkan. Pilih opsi Unduh untuk mengunduh file ke telepon Anda.

Jika file tersebut tidak muncul di riwayat obrolan Anda, Anda juga dapat mencoba mencari pesan yang berisi file tersebut menggunakan fitur pencarian WhatsApp.

Artikel Menarik:  Cara Melihat Mutasi Rekening BCA Lebih 31 Hari

Untuk menggunakan fitur pencarian, buka aplikasi WhatsApp dan tap ikon tiga titik di pojok kanan atas layar. Kemudian pilih opsi “Cari”. Ketikkan kata kunci yang terkait dengan file yang ingin Anda pulihkan, seperti nama file atau kata kunci dalam pesan yang berisi file tersebut.

Namun, jika file tidak muncul di riwayat obrolan atau tidak dapat ditemukan melalui fitur pencarian, kemungkinan besar file tersebut telah dihapus secara permanen dan tidak dapat dipulihkan dengan cara ini.

Oleh karena itu, Anda harus melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mencoba memulihkan file yang terhapus.

3. Periksa Data Backup WhatsApp

Langkah keempat dalam memulihkan file WhatsApp yang dihapus secara permanen di Android adalah memeriksa cadangan WhatsApp Anda. WhatsApp secara otomatis mencadangkan pesan dan file setiap hari pada pukul 02.00, dan cadangan disimpan di penyimpanan internal atau eksternal ponsel.

Untuk memeriksa cadangan WhatsApp Anda di ponsel Android Anda, buka aplikasi WhatsApp dan ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas layar. Kemudian pilih opsi “Pengaturan” dan pilih “Obrolan”.

Di bawah opsi “Obrolan”, Anda akan menemukan opsi “Cadangan Obrolan”. Ketuk opsi untuk melihat cadangan WhatsApp yang tersedia di telepon.

Artikel Menarik:  Cara Beli Pulsa Listrik Di M-BCA Tahun 2023

Jika cadangan WhatsApp tersedia dan file yang ingin Anda pulihkan ada di cadangan itu, maka Anda dapat memulihkan file tersebut dengan mudah. Pertama, hapus aplikasi WhatsApp dari telepon dan instal ulang dari Google Play Store.

Setelah itu, ikuti petunjuk untuk mengatur akun WhatsApp Anda seperti biasa. Saat diminta, pilih opsi “Pulihkan” dan tunggu hingga proses pemulihan selesai.

Namun, perlu diingat bahwa pencadangan WhatsApp hanya menyimpan data hingga saat pencadangan dilakukan. Oleh karena itu, jika file yang ingin Anda pulihkan tidak ada dalam cadangan WhatsApp yang tersedia, kemungkinan besar akan terhapus secara permanen dan tidak dapat dipulihkan.

Maka dari itu, pastikan untuk melakukan backup WhatsApp secara rutin untuk mengurangi resiko kehilangan file WhatsApp penting.

Nah itulah cara mengembalikan chat wa yang terhapus permanen, yang bisa kamu lakukan melalui tutorial di atas dengan mudah dan praktis. Terimakasih!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments