Cara Menghemat Kuota Internet Agar Irit

Mangkus.comCara Menghemat Kuota Internet – Penggunaan handphone saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari.

Mulai dari urusan pekerjaan, bertukar informasi, memesan kendaraan, membeli makanan dan minuman, menonton film, membeli tiket dan membayar tagihan.

Semua itu kini tidak bisa dipisahkan dari ponsel. Untuk mendukung semua kebutuhan tersebut, tentunya Anda harus mengunduh banyak aplikasi dan membutuhkan kuota internet dan jaringan yang mumpuni.

Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru 2023

Namun, ternyata aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel Anda tetap membutuhkan kuota meski tidak Anda gunakan. Jika anda tidak menerapkan cara untuk menyimpan stake, pasti akan terjadi pemborosan yang menyebabkan anda harus terus menambah saldo anda.

Banyak hal yang membuat kuota internet cepat habis, salah satunya adalah kebiasaan menggunakan ponsel yang kurang mendapat perhatian.

1. Gunakan Jaringan WiFi Yang Stabil Dan Aman Baik Di Rumah Maupun Di Kantor

Menggunakan kuota internet memang praktis dan nyaman. Namun, Anda harus tetap menggunakannya dengan menggunakan koneksi internet yang tersedia.

Apalagi jika Anda menggunakannya untuk kegiatan yang membutuhkan stake besar. Misalnya saat mengunduh data, memperbarui aplikasi, bermain game, atau streaming video.

Untuk berbagai aktivitas yang memakan kuota internet dalam jumlah besar, beralihlah ke WiFi. Dengan begitu, kuota internet tidak akan cepat habis dan bisa bertahan hingga akhir bulan.

Artikel Menarik:  Cara Ganti Kartu Kredit BCA Yang Paling Mudah

Itu saja, ada catatan penting yang perlu Anda perhatikan terkait penggunaan jaringan WiFi. Pilih koneksi internet WiFi yang andal, seperti rumah atau kantor. Ingat, ancaman kejahatan dunia maya dapat terjadi jika Anda menggunakan jaringan WiFi secara acak, di antaranya sebagai berikut:

  • Kebocoran data (serangan man-in-the-middle)
  • Serangan melalui kerentanan pada perangkat lunak
  • Hotspot WiFi disamarkan oleh peretas

2. Batasi Penggunaan Aplikasi Streaming

Momen yang paling cocok untuk streaming video atau film favorit adalah saat sedang menunggu sesuatu atau sedang dalam keadaan santai. Misalnya kamu sedang mengantri, dalam perjalanan naik Trans Jakarta, dll. Namun, kamu sadar kan kalau kebiasaan seperti itu bisa cepat menghabiskan jatah kamu?

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan penggunaan aplikasi streaming seperti Netflix dan YouTube. Jalankan aplikasi streaming saat Anda menggunakan akses internet WiFi. Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan fitur menonton video atau film secara offline melalui aplikasi streaming.

Anda dapat menemukan fitur menonton layanan streaming secara offline di banyak aplikasi. Ini termasuk Disney + Hotstar, Netflix atau YouTube. Dengan menonton video secara offline, kamu tidak hanya bisa menghemat kuota internet, tapi juga bisa menonton konten tanpa gangguan.

Artikel Menarik:  Cara Bayar First Media MBanking BCA Bagi Pemula

3. Batasi Penggunaan Aplikasi Game Online

Selain membatasi penggunaan aplikasi streaming, cara menghemat kuota internet juga bisa kamu lakukan dengan mengurangi penggunaan aplikasi game online. Seperti aplikasi streaming, game online menuntut aplikasi dengan jumlah kuota yang besar.

Prioritaskan penggunaan aplikasi game online saat terhubung ke WiFi. Dengan WiFi, Anda bisa bermain game dengan puas. Apalagi jika Anda menggunakan akses internet WiFi dengan koneksi yang stabil, cepat dan aman.

4. Matikan Notifikasi Aplikasi

Tentu saja, Anda sudah tahu bahwa notifikasi aplikasi di smartphone menghabiskan baterai. Namun, tahukah kamu bahwa push notification juga bisa mencuri sisa kuota internet kamu? Jika dibiarkan, kuota internet Anda bisa tiba-tiba habis.

Sangat mudah untuk menghemat kuota internet dengan mematikan notifikasi aplikasi. Anda dapat melakukan ini di platform Android dan iOS.

Pengguna Android: Anda dapat membuka opsi Pengaturan > Aplikasi > Unduh > Jadwalkan Semua. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin Anda matikan notifikasinya.

Pengguna iOS: Menu yang bisa Anda buka untuk mematikan notifikasi adalah dengan masuk ke Pengaturan > Notifikasi. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan notifikasinya.

Artikel Menarik:  Cara Menyalin Link Ig Dan Membagikannya!

5. Nonaktifkan Fitur Putar Otomatis Untuk Video Di Media Sosial

Streaming video cepat memakan kuota tidak hanya dengan aplikasi streaming. Kuota kamu bisa cepat habis jika sering scroll sosial media. Apalagi jika Anda belum mematikan fitur auto-play video. Semakin banyak Anda menggesek layar, semakin cepat kuota Anda habis.

Maka dari itu, Anda perlu mematikan fitur autoplay di setiap platform media sosial. Metodenya sederhana. Untuk pengguna Facebook, Anda dapat mengetuk ikon tiga garis di layar dan memilih Pengaturan dan privasi > Pengaturan > Media dan kontak > Umum > Putar Otomatis. Di sini, pilih opsi untuk tidak pernah memutar video secara otomatis atau hanya pada koneksi WiFi.

Nah itulah tips sederhana cara menghemat kuota internet yang bisa kamu terapkan, Anda dapat meminimalisir budget pengeluaran untuk pembelian paket data internet.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments