Cara Mengecek IMEI Oppo Semua Model

Mangkus.comCara Mengecek IMEI Oppo – Pernahkah terlintas di benak Anda, apakah smartphone yang Anda pegang ini asli atau palsu? Jika demikian, Caris Signal menyarankan Anda untuk memeriksa IMEI smartphone tersebut.

Bagi yang belum tahu, IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor pengenal khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah smartphone.

Cara Mengecek IMEI Oppo Bagi Pemula Secara Mudah!

Pada aslinya nomor IMEI pada smartphone berpola acak dengan total 14 digit dengan menggunakan satu digit tambahan yang dapat memverifikasi ulang terhadap digit yang sudah terbentuk.

Angka-angka ini bukan sekedar sekumpulan angka tetapi memiliki arti, mulai dari nomor model dan pabrikan hingga tempat smartphone dirancang.

Selain dapat mengetahui apakah sebuah smartphone asli atau tidak, kegunaan nomor IMEI lainnya antara lain memblokir ponsel curian atau hilang agar tidak terhubung ke jaringan GSM dan menghindari pembelian ponsel dari BM atau Black Market, juga dikenal sebagai ponsel ilegal.

Wajib kamu ketahui bahwasannya nomor IMEI di masing-masing smartphone pasti tidak sama satu sama lain, tak terkecuali pada smartphone OPPO.

Artikel Menarik:  Cara Bayar Pegadaian Lewat M BCA Secara Akurat

Bagi pengguna OPPO, apakah Anda pernah mendaftarkan atau menyimpan nomor IMEI OPPO Anda atau tidak tahu cara melihat nomor IMEI OPPO Anda. Berikut beberapa cara untuk mengecek IMEI:

1. Gunakan Kode USSD

  • Pertama, gadget bisa membuka aplikasi Phone atau Telepon di smartphone OPPO
  • Setelah itu, alat dapat mengetikkan kode *#06#
  • Maka, akan muncul kotak dialog yang menunjukkan nomor IMEI
  • Cara ini merupakan cara umum yang sering digunakan untuk smartphone Android.

2. Lihat Kotak Dusbooknya

Selain dapat mengetahui apakah sebuah smartphone asli atau tidak, kegunaan nomor IMEI lainnya antara lain memblokir ponsel curian atau hilang agar tidak terhubung ke jaringan GSM dan menghindari pembelian ponsel dari BM atau Black Market, juga dikenal sebagai ponsel ilegal.

Perlu Anda ketahui bahwa nomor IMEI pada setiap smartphone (merek dan model) pasti berbeda-beda, tidak terkecuali perangkat OPPO. Bagi pengguna OPPO, apakah Anda sudah mendaftarkan atau menyimpan nomor IMEI OPPO Anda atau tidak tahu cara melihat nomor IMEI OPPO Anda.

  • Pastikan Anda masih memiliki kotak smartphone OPPO Anda atau ingat di mana Anda meletakkan casing smartphone Anda saat pertama kali membelinya.
  • Setelah langkah-langkah di atas selesai, ambil case atau casing smartphone OPPO Anda.
  • Perhatikan baik-baik setiap sisi (kanan-kiri, bawah-atas) kotak smartphone OPPO.
  • Jika demikian, Anda akan menemukan nomor IMEI OPPO tepat di atas barcode atau kode.
  • Kemudian Anda dapat mengunjungi situs web IMEI Kementerian Perindustrian untuk memastikan bahwa
  • Anda telah mendaftarkan nomor IMEI OPPO atau sebaliknya.
  • Untuk masuk ke portal IMEI Kemenperin, Anda bisa membuka mesin pencari seperti Chrome atau Mozilla. Anda juga bisa langsung mengunjungi situs tersebut.
  • Setelah masuk ke website IMEI Kemenperin, lanjutkan dengan memasukkan nomor IMEI OPPO pada kotak di kolom pencarian di halaman IMEI Kemenperin.
  • Setelah itu tekan saja Enter dan akan muncul tulisan “IMEI Terdaftar di Database Kemenperin” yang menandakan bahwa HP OPPO Anda asli.
Artikel Menarik:  Cara Kunci Aplikasi Di Iphone Ios 15

3. Lihat Daftar Status

  • Pertama, perangkat pintar bisa masuk ke aplikasi atau menu pengaturan smartphone OPPO
  • Kemudian, Gadgeter dapat memilih menu Tentang di Pengaturan
  • Terakhir, pilih Status di Tentang
  • Hasilnya akan menampilkan beberapa informasi, salah satunya nomor IMEI

4. Perhatikan Bodi Smartphone

Di hp OPPO ketika baterainya sedang dilepas, nomor IMEI pasti ada pada tempat bawah baterainya. Sedangkan pada smartphone OPPO tempat baterai ditanamkan biasanya berada di bagian atas baterai. Hal ini untuk melihat apakah smartphone sudah diperbaiki atau belum agar tidak kena scam.

Nah, bagi yang sudah menemukan cara mengecek IMEI Oppo semua model, bisa langsung mengecek keasliannya di situs resmi Oppo. Dengan begitu, Anda akan lebih tahu persis keadaan smartphone yang sedang digunakan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments