Definisi Cara Kerja Hacker Dan Tugas-Tugasnya

Mangkus.comCara Kerja Hacker – Dalam dunia online pasti sering mendengar istilah hacker yang selalu dianggap sebagai hal negatif bagi sebagian orang. Nyatanya, banyak orang yang salah mengartikan pekerjaan sebagai hacking.

Nyatanya, anggapan ini 100% salah. Peretas sendiri sebenarnya adalah pekerjaan di mana mereka hanya menganalisis dan mengidentifikasi program. Jadi cari kelebihan atau kekurangannya agar bisa diperbaiki.

Cara Kerja Hacker Berdasarkan Nama-Namanya

Hingga saat ini, peretas memiliki jenis dan tujuan yang berbeda. Guna mencari tahu macam-macam hacker serta tugas yang dilakukan.

Apa Itu Peretas?

Menurut pengertiannya, hacker atau disebut hacker dalam bahasa Indonesia adalah istilah yang mengacu pada seseorang yang mempelajari, memodifikasi, menganalisis, dan memasuki jaringan komputer. Tujuannya adalah untuk mendapat untung atau bisa juga hanya tantangan.

Secara umum, mereka tahu betul dan mengerti apa yang mereka lakukan dan bertanggung jawab penuh untuk itu. Mereka biasanya diangkat dan dipekerjakan secara sah.

Tak hanya itu, perkumpulan hacker komputer ini biasanya mempunyai komunitas yang besar sehingga bisa memperdalam dan mengembangka pemrograman.

Artikel Menarik:  Cara Bayar Sophee Pakai Dana Untuk Pemula 2023

Memang, mereka tidak segan-segan membagikan ilmunya kepada orang-orang yang layak dan serius tentang dunia ini. Jenis-jenis Hacker dan Perbedaannya, Apa Saja?

Black Hat

Mereka tidak hanya memanfaatkan untuk memperkaya diri sendiri, tetapi peretas yang bermusuhan ini juga dapat dengan mudah mengambil alih sistem dan mengambil data penting lainnya juga. Inilah yang membuat peretas topi hitam sangat berbahaya.

White Hat

Dimana ada lawan pasti ada juara. Dalam dunia hacker, White Hat adalah tipe hacker baik yang melakukan hal-hal positif. Umumnya hacker jenis ini akan berusaha mencari celah keamanan pada sistem dan memberikan solusi agar sistem tidak mudah diretas.

topi Abu-Abu

Peretas jenis ini tidak mudah diprediksi. Ini karena orang di belakangnya bisa berperan sebagai antagonis atau protagonis sang hacker, tergantung situasi dan keadaan. Tidak heran peretas seperti ini tidak bisa dipercaya sepenuhnya.

Hacktivist

Tentu, pernahkah Anda melihat banyak situs yang dibajak dengan grafiti mirip protes? Padahal, orang-orang di belakangnya bisa disebut Hacktivist. Seseorang dalam peran ini biasanya memiliki banyak minat dan mengkomunikasikan aspirasinya melalui situs web besar.

Artikel Menarik:  Cara Transfer Dari BJB Ke BCA Secara Mudah

Script Kiddies

Untuk hal ini belum termasuk dalam kategori hacker berbahaya, karena seperti namanya, hacker jenis ini bisa dikatakan untuk pemula. Script Kiddies biasanya mencoba meretas situs web menggunakan skrip yang sudah tersedia. Tujuannya biasanya hanya untuk mempelajari pemrograman teknis di tingkat profesional.

Keterampilan Yang Dimiliki Peretasan Etis

Meski penilaian sebagian orang terhadap hacking terkadang negatif, namun di satu sisi profesi ini sangat menjanjikan asalkan dilakukan dengan benar dan profesional, tanpa merugikan orang lain.

Anda harus tahu bahwa untuk menjadi hacker profesional atau hacker etis, Anda harus memiliki keterampilan berikut:

1. Pemrograman

Keterampilan utama yang harus dimiliki adalah pemrograman. Anda harus mengetahui bahasa pemrograman dan cara mengoperasikannya. Memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang sistem operasi dan bahasa pemrograman, dan menggunakannya untuk membantu organisasi atau organisasi (tempat Anda bekerja) dan meningkatkan keamanan dan perlindungan data.

2. Memiliki Pengetahuan Jaringan

Untuk melakukan tugas hacking etis, Anda harus benar-benar memahami jaringan yang dipindai. Bagaimana satu perangkat berkomunikasi dengan yang lain, apakah ada masalah dengan jaringan, dll.

Artikel Menarik:  Cara Mematikan IPhone 11, 11 Pro Max

3. Pengertian Database

Biasanya, ancaman ditemukan di database serangan peretasan etis. Jika Anda memahami sistem manajemen basis data, proses validasi akan bekerja dengan mudah.

4. Berbagai Jenis Platform Dan Alat Peretasan

Untuk menjadi peretas yang baik dan berguna di mana saja, Anda perlu memahami berbagai jenis platform. Seperti Windows, Linux, Unix dan masih banyak lagi.

Jika Anda hanya mengetahui Windows, apa yang akan Anda lakukan jika pelanggan membutuhkan keahlian Anda untuk memindai sistem jaringan di Unix? Selain itu, Anda harus bisa menggunakan berbagai jenis alat peretasan di luar sana.

Nah itulah penjelasan definisikan cara kerja hacker dan tugas-tugasnya, semoga tulisan diatas bisa menambah pengetahuanmu, terimakasih!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments