Cara Hapus Data Pinjol Gagal Bayar Yang Efektif

Mangkus.comCara Hapus Data Pinjol Gagal Bayar – Memiliki platform pinjaman online dapat memikat siapa saja untuk mendapatkan dana dengan cepat dan mudah. Namun, aplikasi ini – terutama yang ilegal dan tidak terdaftar di regulator – berisiko menyalahgunakan data pribadi.

Saat mengajukan pinjaman di platform pinjaman, nasabah biasanya akan diminta untuk mengisi sejumlah data pribadi. Masalahnya, data yang dibutuhkan antara pinjaman legal dan ilegal sangat berbeda.

Cara Hapus Data Pinjol Gagal Bayar Tahun 2023

Menurut laman Akurat, hiu yang terdaftar biasanya hanya meminta akses kamera untuk berfoto selfie dengan KTP dan mikrofon untuk verifikasi audio dan lokasi. Namun, peminjam ilegal dapat meminta lebih dari itu, dan mereka juga dapat meminta akses SMS, telepon, dan panggilan.

Ketika platform pinjaman ilegal mendapatkan data pribadi ini, mereka cenderung menyalahgunakannya. Pinjaman terlarang dapat membuat stres dan mengancam peminjam, termasuk meneror keluarga dan teman peminjam.

Bahkan, OJK melarang keras pemohon pinjaman menggunakan data pribadi nasabahnya selain untuk kepentingan analisis. Dengan kata lain, data pribadi pelanggan hanya boleh digunakan untuk menganalisis tingkat kelayakan kredit.

Artikel Menarik:  Cara Transfer Lewat SMS Banking BCA Tahun 2023

Hapus Data Pengajuan Pinjaman Online

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus data pengajuan pinjaman online. Kita semua tahu bahwa menggunakan pinjaman ilegal online sangat berbahaya.

Karena selain bunga yang besar, peminjam mungkin membebankan biaya lain kepada Anda. Hal inilah yang membuat Anda lebih waspada dalam memilih pinjaman online.

Jika Anda pernah menggunakan pinjaman online dan ternyata gagal bayar, maka tentu saja Anda merugikan diri sendiri. Sebaiknya Anda melakukan pembayaran sesering mungkin. Jika Anda ingin menghapus data, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Klik Pengaturan di ponsel Anda
  • Pilih aplikasi pinjaman ilegal online
  • Klik Hapus data dan cache
  • Pilih pada Uninstall aplikasi
  • Selesai
  • Matikan email

Nah, saat mendaftar pinjaman online, pasti banyak yang menggunakan email. Jika Anda tidak ingin diteror oleh pemberi pinjaman DC ilegal, sebaiknya matikan email. Karena email yang digunakan untuk pinjaman online akan digunakan untuk melacak lokasi Anda.

Tentunya dengan email ini, Anda bisa mendapatkan lokasi akses yang sebenarnya. Jadi jika Anda mendaftar menggunakan email, disarankan untuk memulai dengan menonaktifkannya. Jangan biarkan Anda dilacak!

Artikel Menarik:  Cara Daftar Bansos Online Dengan Mudah

Hapus Nomor Ponsel

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghapus data pinjaman ilegal adalah dengan menghapus nomor ponsel. Nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar pinjaman online sebaiknya dibuang.

Karena angka tersebut pasti akan sering diintimidasi oleh para pemberi pinjaman online tersebut. Singkirkan dan ganti dengan nomor lain, dan pastikan Anda tidak menggunakan pinjaman online lagi. Cara menghapus data pinjaman ini terbukti ampuh!

Nonaktifkan Semua Media Sosial

Saat mendaftar pinjaman online, Anda harus menggunakan media sosial. Bukankah itu benar? Nah, itu juga harus dilakukan dengan menonaktifkan media sosial yang Anda miliki. Karena media sosial nanti bisa dilacak.

Jika Anda tidak benar-benar menggunakan pinjaman online dan bunga pokok sudah dibayarkan, sebaiknya nonaktifkan semua media sosial.

Terapkan Untuk Penghapusan Setelah Pembayaran

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan langsung mengajukan pinjaman online. Cara ini bisa dilakukan jika Anda sudah melakukan pembayaran pinjaman. Padahal, pinjaman yang Anda pinjam harus dilunasi karena termasuk dalam utang.

Artikel Menarik:  Cara Bayar KAI Acccess Lewat M-Banking BCA Terbaru

Bagaimana jika hanya jumlah pokok yang dibayarkan. Nah, kamu bisa mentransfernya ke CS pinjaman online. Katakan bahwa Anda tidak dapat melakukan pembayaran bunga dan hanya dapat membayar pokok. Dan Anda ingin menonaktifkan akun.

Kemungkinan aplikasi Anda akan diterima, setelah melunasi pinjaman pokok terlebih dahulu karena itu yang utama. Suku bunga dapat dicicil jika Anda benar-benar memiliki niat baik.

Demikian pembahasan cara hapus data pinjol gagal bayar yang efektif, harus dilakukan dengan benar agar berjalan dengan lancar.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments