Cara Ubah Pdf Ke Word Secara Sederhana

Mangkus.comCara ubah pdf ke word sangat mudah, dan Anda hanya dapat melakukannya dengan aplikasi yang biasanya sudah ada di komputer Anda. Apalagi Anda bisa melakukannya melalui browser.

PDF, atau Portable Document Format, adalah format file yang dikembangkan oleh Adobe. Pada tahun 1991, salah satu pendiri Adobe John Warnock merevolusi digitalisasi dokumen kertas dengan ide yang disebut Project Camelot. Tujuan dari ide ini adalah untuk memungkinkan siapa saja mengakses, mengirim, melihat, dan mencetak dokumen dari aplikasi apa saja, di mana saja, dan dari perangkat apa saja.

Begini Cara Ubah Pdf Ke Word Dengan Mudah 2023

Kemudian pada tahun 1992, Project Camelot mulai berkembang menjadi PDF yang kita kenal sekarang. PDF mulai populer karena sifatnya yang portabel, sederhana, ringan, dan mudah dibaca. Sejak saat itu, PDF mulai menjadi format file yang paling banyak digunakan oleh banyak orang, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis, di seluruh dunia. Namun sayangnya, dokumen dalam format PDF biasanya tidak dapat dimodifikasi atau diubah, hanya dapat dilihat.

Artikel Menarik:  Cara Ganti Kartu Kredit BCA Yang Paling Mudah

Jadi, jika Anda ingin mengedit file dalam format PDF ini, biasanya Anda harus mengubahnya ke format Word (.doc atau .docx) terlebih dahulu. Bagaimana cara mengonversi PDF ke Word? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word adalah program pengolah kata yang sering digunakan untuk keperluan seperti membuat dan mengedit dokumen. Untuk mengubah atau mengonversi PDF ke Word menggunakan Microsoft Word, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Microsoft Word.
  • Pilih menu Berkas.
  • Kemudian akan muncul kotak dialog dengan dokumen-dokumen di komputer Anda, pilih file PDF yang formatnya ingin Anda ubah.
  • Lanjut, Microsoft Word akan menampilkan pesan peringatan yang mengatakan, “Word sekarang akan mengonversi file PDF Anda menjadi dokumen Word yang dapat diedit. Ini mungkin memakan waktu lama.
  • Dokumen Word yang dihasilkan akan dioptimalkan untuk memungkinkan Anda mengedit teks, jadi mungkin tidak terlihat persis seperti file PDF aslinya, terutama jika file aslinya berisi banyak grafik.”
  • Anda dapat mengabaikan pesan peringatan dan klik OK untuk memulai proses konversi PDF ke Word.
Artikel Menarik:  Cara Top Up Brizzi Lewat Mobile Banking BCA

Seperti peringatan yang diberikan oleh Microsoft Word, terkadang dokumen hasil konversi tidak sama persis dengan dokumen aslinya. Tapi tenang saja, Anda tetap bisa memodifikasinya, semua harus dilakukan secara manual.

2. Menggunakan Adobe Acrobat

Seperti yang ditunjukkan di atas, Adobe adalah pengembang format PDF, jadi tentu saja dapat menyediakan fitur untuk mengonversi PDF ke format file lain. Untuk mengonversi file PDF ke Word menggunakan Adobe Acrobat, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka file PDF di Adobe Acrobat.
  • Pilih opsi ekspor PDF. Biasanya di panel kanan.
  • Jika demikian, Anda dapat memilih opsi Microsoft Word atau .docx sebagai format tujuan. Klik Ekspor.
  • Kemudian kotak dialog “Simpan Sebagai…” akan muncul. Pilih lokasi penyimpanan, lalu klik Simpan.

3. Menggunakan Google Drive

Selain menggunakan kedua aplikasi di atas, kamu juga bisa convert file PDF ke Word menggunakan browser melalui Google Drive. untuk melakukan ini. Ikuti langkah selanjutnya:

  • Masuk ke halaman Google Drive.
  • Unggah file PDF ke Google Drive,
  • Setelah selesai, klik kanan file PDF dan pilih Open with > Google Docs.
  • Kemudian file tersebut akan terbuka di Google Docs dan dapat diedit.
  • Untuk mengonversinya ke format Word, pilih menu File > Download > Microsoft Word (.docx).
  • Sebelum menyimpan, pastikan hasil konversi dari PDF ke Google Docs sesuai dengan dokumen aslinya.
Artikel Menarik:  Cara Cek NPWP Online Secara Mudah!

4. Salin Dan Tempel

Jika ketiga cara di atas masih belum bisa kamu lakukan, kamu tinggal copy paste isi file PDF tersebut dan masukkan ke dalam aplikasi Microsoft Word. Namun, hasil copy paste biasanya tidak akan sempurna dan Anda harus menyusunnya secara manual sehingga memakan waktu lama.

Demikian penjelasan tentang cara ubah pdf ke word secara simpel bagi pemula. Semoga dapat menambah wawasanmu. Terimakasih!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments