Cara Mengetahui Password Wifi Yang Tersimpan Di Perangkat

Mangkus.comCara Mengetahui Password Wifi – Ini akan menjelaskan berbagai cara untuk melihat kata sandi WiFi yang telah Anda simpan di ponsel Android Anda, apakah Anda memiliki akses root atau tidak.

Biasanya kita ingin mengetahui kata sandi WiFi yang sebelumnya kita gunakan di ponsel kita. Alasannya bisa berbeda, misalnya untuk mentransfer kata sandi ke perangkat lain yang baru dibeli atau untuk berbagi koneksi dengan tamu.

Cara Mengetahui Password Wifi Tahun 2023

Tahukah Anda bahwa perangkat Android Anda, secara default, menyimpan semua kata sandi jaringan WiFi yang Anda sambungkan?

Ya, semua perangkat Android menyimpan kata sandi WiFi dalam file yang disimpan di penyimpanan perangkat, di-crack, sehingga sistem dapat mengaksesnya kapan saja saat dibutuhkan. Dengan cara ini, Anda dapat melihat kata sandi WiFi yang tersimpan.

Tapi, bagaimana jika kita sebagai pengguna ingin mengakses file ini? Karena ini adalah dokumen yang disimpan di root sistem file, kami mungkin berpikir bahwa hanya pengguna yang memiliki akses root di perangkat mereka yang dapat mengaksesnya, tetapi tidak selalu demikian.

Bergantung pada versi Android yang Anda miliki di ponsel Anda, dan apakah Anda telah melakukan root atau belum, langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk melihat dan membagikan kata sandi WiFi akan bervariasi.

Artikel Menarik:  Beberapa Cara Berlangganan Netflix Dengan Simpel

1. Cara Melihat Password WiFi Di Semua Tipe HP Android

Jika Anda tidak memiliki akses root atau Android 10, cara ini lebih rumit. Ini hanya dapat dilakukan pada versi Android sebelum 6.0 Marshmallow. Ini karena Android mengenkripsi partisi data secara default mulai dari versi ini. Dan tebak di mana file kata sandinya? Ya, di bagian yang sama.

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki komputer Windows, Mac, atau Linux, kabel USB, dan driver ADB yang terpasang di komputer yang akan Anda gunakan.

Terlepas dari niat melihat kata sandi WiFi menggunakan metode ini, sangat disarankan untuk menginstal driver ADB karena dapat digunakan untuk melakukan operasi lanjutan lainnya di Android seperti mem-flash ROM atau memodifikasi bagian penting dari sistem.

Setelah terinstal, jika Anda menggunakan PC Windows, buka jendela CMD dengan Shift + klik kanan pada folder tempat ADB diinstal, atau jalankan perintah ADB di jendela terminal jika Anda menggunakan MacOS.

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan perangkat Android ke komputer melalui USB, pastikan opsi USB debugging diaktifkan di pengaturan pengembang jika tidak dapat ditemukan di panel pengaturan, akses Informasi Perangkat dan ketuk nomornya beberapa kali.

Artikel Menarik:  Cara Bikin Flazz BCA Sangat Mudah Dan Praktis

Setelah ponsel terhubung dan jendela CMD terbuka, saatnya memeriksa apakah komputer mendeteksi perangkat dengan benar. Untuk melakukan ini, jalankan perintah:

Perangkat adb

Jika semuanya sudah benar, nomor seri perangkat akan muncul. Terakhir, akses file tempat penyimpanan kata sandi WiFi. Namun, dalam hal ini, alih-alih membukanya, kami akan membuat salinan dan menyimpannya langsung ke hard drive komputer. Untuk melakukan ini, jalankan perintah:

adb pull /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf c: /wpa_supplicant.conf

Pada perintah ini, bagian “c: /wpa_supplicant.conf” adalah path tempat file akan disimpan, sehingga dapat dimodifikasi sesuai keinginan, dengan menentukan path folder di komputer tempat Anda ingin menyimpan file tersebut.

Dengan cara ini, kami menyalin file yang sama yang dapat diakses dengan aplikasi yang dibahas dalam metode “dengan root”, dan daftar semua jaringan WiFi akan muncul lagi, dengan disimpan.

2. Cara Membuat Cadangan Password WiFi Agar Tidak Hilang

Jika Anda tidak ingin repot mencari kata sandi untuk setiap jaringan WiFi lagi saat Anda berganti ponsel, ada opsi yang jauh lebih mudah untuk menyimpan semua kata sandi tanpa harus menggunakan prosedur sebelumnya.

Artikel Menarik:  Berikut Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Yang Menterormu

Yaitu dengan membackup password WiFi yang tersimpan di Android. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Di ponsel Anda, buka Pengaturan dan temukan bagian Sistem.
  • Masukkan opsi cadangan.
  • Jika Anda mengklik bagian Pengaturan Perangkat, Anda akan melihat bahwa salah satu data yang dicadangkan secara otomatis adalah kata sandi dari jaringan WiFi.
  • Pastikan opsi Cadangkan ke Google Drive aktif.
  • Dengan cara ini, setiap kali Anda masuk dengan akun Google di ponsel baru dan memulihkan cadangan yang disimpan di Google Drive, semua kata sandi Anda akan tersedia kembali.
  • Mereka akan disimpan dalam file yang sesuai di sistem operasi, dan perangkat akan secara otomatis terhubung ke jaringan yang memiliki kata sandi yang disimpan dalam cadangan.

Nah itulah cara mengetahui password wifi yang tersimpan di perangkat dengan mudah, semoga artikel diatas membantu Anda, terimakasih!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments