Cara Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word

Mangkus.comCara Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word – Tahukah Anda bahwa ada cara mudah membuat daftar pustaka di aplikasi Microsoft Word?Ya, Anda dapat menggunakan fitur ini saat membuat makalah atau jurnal penelitian di aplikasi.

Cara membuatnya pun tidak sulit, lho. Jadi Anda tidak perlu repot mengaturnya secara manual atau dengan bantuan software pihak ketiga.

Cara Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word Tahun 2023

Lantas, bagaimana langkah-langkah membuat daftar pustaka di Microsoft Word? Sebelum mengulas cara membuat daftar pustaka di Word, sebaiknya kita bahas dulu pengertiannya secara singkat.

Saat Anda meluncurkan halaman Plagiarism.org, daftar pustaka adalah daftar semua sumber yang Anda gunakan dalam proses penelitian penulisan Anda.

Mereka biasanya diperlukan dalam bentuk tulisan ilmiah, seperti jurnal atau disertasi. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa Anda tetap perlu mengupload bibliografi penelitian di dunia profesional.

Umumnya daftar pustaka harus mencantumkan nama penulis, judul karya, nama dan lokasi penerbit, salinan sumber, tanggal terbit, dan nomor halaman sumber.

Jadi kamu gak usah ragu ketika ingin membuat daftar pustaka otomatis pada microsoft word dengan semua versi yang ada.

Artikel Menarik:  Cara Menyembunyikan Orang Yang Kita Ikuti Di TikTok

1. Buka File

Pertama, buka file yang ingin Anda daftarkan referensinya. Tutornya Klik pada opsi File kemudian klik Open lalu masukkan file yang akan kamu buka.

2. Buka Menu

Lalu buka tab Referensi > Kelola Sumber.

3. Membuat Referensi Daftar Pustaka

Untuk membuatnya akan muncul tampilan seperti berikut. Cukup pilih Baru untuk membuat referensi bibliografi.

4. Pilih Jenis Sumber

Pilih jenis sumber untuk memilih sumber referensi Anda, baik dari artikel, buku, majalah, website, dll yang disediakan oleh Microsoft Word.

5. Isi Data Kepustakaan

Jenis sumber yang Anda pilih akan disesuaikan dengan tema yang muncul. Isilah pada masing-masing kolom yang ada dimulai dari Penulis, Judul, Tahun, Kota, Penerbit, lalu klik OK setelah selesai.

Pada bagian penulis terdapat tombol edit yang dapat Anda gunakan untuk memasukkan nama penulis yang terdiri dari nama depan, belakang, dan tengah. Kamu bisa menambahkan lebih dari satu nama penulis melalui opsi klik tambah.

6. Pratinjau Daftar Referensi

Lalu setelah itu muncul layar berikutnya yang mana ada informasi pada sebuah daftar referensi yang kamu telah tambahkan. Ada banyak tombol yang bisa Anda gunakan seperti:

  • Tombol Salin untuk menyalin referensi
  • Tombol Hapus untuk menghapus daftar
  • Tombol Edit membuka kotak dialog Buat Sumber yang terkait dengan referensi yang Anda pilih di mana
  • Anda dapat mengubah atribut yang tersedia dan
  • Tombol baru untuk membuat atau menambahkan referensi baru.
  • Tombol Salin, Hapus, dan Edit akan bertindak berdasarkan referensi yang dipilih di menu utama.
Artikel Menarik:  Cara Membuat Tulisan Miring Di Whatsapp

7. Masukkan Daftar Referensi

Setelah menambahkan semua daftar pustaka yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menampilkan daftar pustaka di lembar kerja. Caranya adalah dengan masuk ke tab References > Bibliography > Insert Daftar pustaka.

Bagaimana cara merapikan daftar pustaka?

Nah, biasanya masalah yang terjadi dalam penulisan daftar pustaka adalah urutan daftar pustaka yang tidak sesuai dengan urutan abjad.

  • Untuk mengurutkan berdasarkan abjad, Anda harus membuat referensi dalam bentuk tabel. Cara menuju tab Insert > Table > Convert text to table
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog Convert Text to Table seperti gambar. Masukkan jumlah kolom sebagai 1 di jumlah kolom, lalu pilih paragraf dalam teks Sparate untuk memisahkan daftar di setiap baris.

Maka Anda akan melihat bagian jumlah baris yang secara otomatis akan menampilkan berapa banyak referensi yang ada dalam daftar referensi. Dan untuk perilaku autofit adalah ukuran meja, anda bisa memilih sesuai dengan keinginan anda.

  • Jika sudah, daftar referensi Anda akan muncul nanti di tabel.
  • Langkah selanjutnya adalah mengurutkan daftar referensi berdasarkan abjad. Harap blokir tabel bibliografi Anda. Lalu buka tab Beranda > Urutkan (yang dilambangkan dengan simbol AZ) dan kotak dialog akan muncul.
  • Ascending order digunakan untuk mengurutkan dari A sampai Z
  • Membalikkan arah turun dari Z-A.
  • Karena kita ingin mengurutkan berdasarkan abjad dari A sampai Z, disini kita memilih ascending.
  • Lalu klik Oke.
Artikel Menarik:  Cara Bayar Oto Lewat Mbanking BCA Termudah

Demikian informasi yang dapat Mangkus berikan terkait cara membuat daftar pustaka di microsoft word serta cara merapikannya secara otomatis dengan gampang. Terimakasih!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments