Tips Cara Membatalkan Transfer BCA Yang Sudah Terkirim

Mangkus.comCara membatalkan transfer BCA yang sudah terkirim memang agak sulit dan mudah. Ini karena ATM atau mobile banking tidak memiliki fitur bawaan untuk membatalkan jika transaksi berhasil.

Satu-satunya cara untuk membatalkan transfer yang dilakukan adalah dengan melibatkan bank yang bersangkutan. Namun, perlu diketahui bahwa bank tidak dapat mengembalikan dana yang sudah ada di rekening penerima.

Cara Membatalkan Transfer BCA Yang Mudah, Tak Usah Panik!

Bank hanya dapat menghubungkan pengirim ke penerima sehingga uang yang benar-benar dikirim dapat dikembalikan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membatalkan konversi yang berhasil.

Untuk membatalkan transfer yang dikirim saat menggunakan BCA Mobile, langkah utamanya adalah datang ke kantor BCA. Tetapi sebelum itu, Anda harus melalui beberapa langkah:

1. Minta Surat Di Kantor Polisi

Sebelum mengajukan pengaduan ke kantor BCA, Anda harus mendapatkan surat dari kantor polisi. Saat berada di sana, Anda perlu membuat laporan kronologis tentang bagaimana kesalahan transfer terjadi. Surat dari kantor polisi ini dapat memberikan kepercayaan saat mengajukan pengaduan.

Artikel Menarik:  Cara Cek Akta Kelahiran Online Anti Ribet

2. Datang Ke Kantor Cabang BCA Terdekat

Langkah selanjutnya adalah datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk menindaklanjuti pembatalan transfer tersebut. Untuk melaporkan kesalahan transfer, diperlukan pernyataan polisi dan bukti transfer. Bukti transfer dapat berupa screenshot.

Kemudian pihak bank akan mencocokkan kepemilikan data pribadi tersebut dengan data rekening. Agar bank percaya bahwa Anda adalah pemilik sebenarnya dari rekening tersebut, berikan KTP asli.

3. Tunggu Hasil Verifikasi Bank

Cara membatalkan transfer berikutnya adalah dengan menunggu hasil verifikasi bank. Dalam proses verifikasi, pihak bank biasanya mengajukan beberapa pertanyaan seputar kesalahan transfer.

Bukan hanya Anda yang diinterogasi, tapi pihak yang menerima uang hasil transfer juga salah. Ini karena layanan pelanggan bertindak sebagai perantara antara Anda dan penerima uang. Sehingga diperlukan konfirmasi dari kedua belah pihak.

Jika proses konfirmasi dan verifikasi data berjalan lancar, refund karena kesalahan transfer dapat diselesaikan dalam waktu 1 x 24 jam. Kemudian bank akan menghubungi Anda melalui nomor ponsel Anda.

Setelah mendapatkan berita pengembalian dana, jangan lupa untuk memeriksa saldo rekening Anda. Ini bisa menjadi upaya untuk mencegah kesalahan lain terjadi.

Artikel Menarik:  Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Semua Tipe Android

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir pihak penerima tidak mau mengembalikan uangnya. Karena penerima transfer yang tidak mau mengembalikan uangnya akan menghadapi pidana kurungan dan denda sesuai Pasal 85 UU No 3 Tahun 2021.

Inilah cara membatalkan transfer yang dikirim oleh BCA Mobile. Selain mengunjungi kantor cabang BCA, Anda juga bisa menghubungi BCA Call Center atau Halo BCA. Anda bisa menghubunginya di nomor telepon 150088, email di [email protected], Whatsapp di 08111500998 atau Instagram di @goodlifebca.

Tips Agar Tidak Salah Transfer

Selain mengetahui cara membatalkan transfer yang dikirimkan BCA Mobile, Anda juga perlu mengetahui tips agar tidak terjadi kesalahan transfer. Karena ada juga kasus dimana penerima transfer tidak mau mengembalikan uangnya. Berikut beberapa tips untuk menghindari salah transfer, yaitu:

  • Tidak hanya nomor rekening, Anda juga perlu mengetahui nama lengkap pemegang nomor rekening.
  • Tujuannya adalah untuk mengkonfirmasi kepemilikan.
  • Periksa nomor rekening yang Anda tulis, karena salah mengetik nomor dapat menyebabkan kesalahan transfer.
  • Anda dapat menghapus nomor rekening yang sudah tidak terpakai melalui pilihan menu Daftar Nomor Rekening di BCA Mobile. Tujuannya untuk menghindari transfer ke nomor rekening dari orang yang tidak dikenal.
  • Periksa kembali jumlah transfer, karena biasanya ada kasus kesalahan penulisan angka nol.
  • Jangan asal transfer saat ditanya orang tak dikenal, konfirmasi dulu identitas peminta.
  • Sebelum Anda mengklik transfer, periksa semuanya mulai dari nama, nomor rekening, dan jumlah transfer.
Artikel Menarik:  Cara Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word

Demikian pembahasan mengenai tips cara membatalkan transfer BCA yang sudah terkirim. Namun, setelah mengetahui cara ini, ada baiknya berhati-hati saat melakukan transfer ke rekening lain, terimakasih!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments