Cara Daftar Bansos Online Dengan Mudah

Mangkus.comCara Daftar Bansos Online – Apakah Anda atau anggota keluarga Anda termasuk dalam kategori warga kurang mampu? Boro-boro punya mobil, rumahnya masih kontrakan, banyak anak, dan penghasilannya juga pas-pasan.

Sejauh ini, belum terkena bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat maupun provinsi. Baik itu dari PKH, KIP, KIS, hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan nontunai. Tidak ada sama sekali, termasuk berbagai bantuan sosial selama pandemi.

Cara Daftar Bansos Online Sesuai prosedur 2023

Ini mungkin karena nama Anda tidak terdaftar di DTKS. DTKS merupakan data acuan pemberian bantuan sosial untuk kebutuhan dasar, baik dari APBN maupun APBD.

Bantuan sosial yang diterima dari APBN, antara lain Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Sedangkan yang berasal dari dana APBD antara lain Kartu Jakarta Untuk Lansia (KLJ), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus. Ada Kartu Premi Jakarta Bagi Siswa (KJMU), Kartu Penyandang Disabilitas (KPD), dan Kartu Anak Jakarta (KAJ).

Jangan khawatir, pemerintah sedang “membersihkan” data penerima bansos. Anda bisa mulai mendaftar sekarang. Peluang sangat terbatas, dan begini caranya.

Artikel Menarik:  Cara Menyalakan Mesin EDC BCA Untuk Pemula

Tata Cara Pendaftaran Penerima Bansos

Setelah mendaftar ke DTKS, tunggu konfirmasi dari Kemensos maksimal dua hari kerja. Anda akan menerima notifikasi bahwa akun telah berhasil dibuat melalui email yang terdaftar di DTKS. Lihat email Anda dan buka email masing-masing. Di dalam email tersebut terdapat link yang akan membawa Anda ke website DTKS. Klik pada link.

Jika Anda dapat memasukkan tautan, lalu masuk dengan data yang terdaftar sebelumnya. Ketika Anda telah berhasil masuk ke akun Anda, kirimkan diri Anda sebagai penerima. Berikut cara mendapatkan bantuan pemerintah secara online:

  • Klik pada menu Daftar Penawaran.
  • Pilih menu “Tambah Saran”.
  • Mengisi kembali data pribadi pemohon bantuan pemerintah seperti yang dilakukan pada saat pendaftaran akun.
  • Lampirkan dokumen persyaratan seperti foto KTP dan foto depan rumah pemohon.
  • Pilih bantuan sosial yang ingin Anda terima.
  • Tunggu dulu, Kemensos akan memverifikasi datanya.
  • Anda akan menerima pemberitahuan tentang status penerimaan bantuan sosial negara.

Cara Mengecek Status Pendaftaran Penerimaan Bansos

Setelah melakukan cara mendapatkan bantuan pemerintah secara online di atas, Anda juga bisa mengecek status penerimaan bantuan sosial Anda. Pengecekan bansos ini dapat dilakukan melalui website. Berikut cara mengecek status pendaftaran penerimaan bansos negara.

  • Ketika Anda membuka situs tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi data.
  • Isikan informasi daerah penerima bantuan berupa kecamatan, kabupaten/kota, kecamatan dan desa.
  • Isi nama penerima sesuai KTP.
  • Isi captcha yang tersedia. Ada 8 karakter kode yang dipisahkan oleh spasi di kotak kode.
  • Jika kodenya kurang jelas, Anda bisa mengetik tombol refresh sampai muncul kode baru. Masukkan
  • kembali kode yang muncul.
  • Klik “Cari data” untuk melihat status penerimaan bansos Anda. Sistem cek bansos mencari nama penerima manfaat sesuai wilayah penerimaan yang dimasukan.
Artikel Menarik:  Cara Bayar Kredit Plus Lewat Mbanking BCA Dengan Efisien

Cara Daftar DTKS Offline

Jika Anda kesulitan mendaftar secara online, Anda bisa langsung ke kantor Kelurahan tergantung tempat tinggal Anda. Persyaratan hanya membawa :

  • Identitas asli
  • Kartu Keluarga (KK) Asli.
  • Surat pengantar RT/RW (khusus untuk bukan penduduk KTP DKI).
  • Proses pendaftaran bansos luring dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Setelah semua dokumen ada di tangan Camat, Camat akan mengadakan musyawarah pribadi untuk membahas persyaratan pemohon. Dalam musyawarah ini akan diputuskan apakah warga tersebut layak masuk DTKS atau tidak.

Hasil musyawarah akan diumumkan dalam risalah yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Lora. Risalah tersebut akan digunakan oleh dinas sosial untuk memverifikasi dan memvalidasi data. Data yang telah diverifikasi selanjutnya akan dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS).

Data tersebut akan diolah kembali oleh dinas sosial yang selanjutnya akan dilaporkan kepada wali atau walikota setempat.

Kemudian, data tersebut akan disampaikan kepada Gubernur oleh Wali Amanat atau Walikota dan akan diteruskan kepada Menteri.

Nah. itulah beberapa cara daftar bansos online dengan mudah yang bisa kamu lakukan sendiri kapanpun dan dimanapun Anda berada. Terimakasih!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments