Cara Cek Akta Kelahiran Online Anti Ribet

Mangkus.comCara Cek Akta Kelahiran Online – Melakukan pengurusan dokumen kependudukan sekarang sangatlah mudah, bahkan untuk mengecek akte kelahiran, Kartu Keluarga (KK) bisa dilakukan dengan online yang bisa membuat waktu lebih efisien.

Diketahui, Ditjen Dukcapil Kemendagri saat ini telah memfasilitasi pelayanan dokumen kependudukan secara mandiri menggunakan kertas HVS A4 kapasitas 80 gsm. Tidak hanya untuk kartu keluarga atau akte kelahiran, tetapi juga untuk dokumen lain seperti akte kematian dan lainnya.

Cara Cek Akta Kelahiran Online Tahun 2023

Meskipun hanya dicetak pada satu lembar kertas dan tidak seperti sebelumnya kertas cetak keamanan dengan hologram anti pemalsuan digunakan, dokumen tersebut masih memiliki kekuatan hukum.

Kuncinya ada di kode QR di pojok kanan bawah dokumen kertas yang dicetak terpisah. Kode QR tersebut merupakan sebuah tanda kependudukan secara elektronik sebagai tanda keaslian data dan menggantikan tanda tangan dan stempel yang biasasanya dicetak lewat security printing.

1. Apa Itu Akta Kelahiran?

Sebagian dari Anda mungkin masih bingung apa itu akta kelahiran. Akta kelahiran adalah dokumen resmi yang menunjukkan bahwa seseorang dilahirkan di tempat dan waktu tertentu.

Akta kelahiran sangat penting karena merupakan salah satu dokumen yang diperlukan untuk melakukan kegiatan kependudukan seperti penerbitan akta nikah, paspor, dll.

Artikel Menarik:  Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Samsung Secara Mudah

Informasi Apa Yang Terkandung Dalam Akta Kelahiran?

Setiap akte kelahiran memuat informasi penting seperti nama anak, tanggal lahir, nama orang tua, tempat lahir, jenis kelamin, dan nomor induk.

Bagaimana Cara Mendapatkan Akta Kelahiran?

Untuk mendapatkan akta kelahiran, biasanya Anda diharuskan mengisi formulir dan menyerahkan fotokopi dokumen seperti kartu keluarga atau akte kelahiran dari rumah sakit atau bidan tradisional.

Apakah Akta Kelahiran Bisa Dibuat Secara Online?

Sekarang telah banyak kota-kota di Indonesia yang memberikan pelayanan pembuatan akta kelahiran lewat online. Namun, jika Anda tidak memiliki akta kelahiran atau ingin memverifikasi keaslian data di dalamnya, Anda dapat menggunakan metode verifikasi akta kelahiran online.

2. Bagaimana Cara Cek Akte Kelahiran Secara Online?

Cara Cek Akta Kelahiran Online merupakan layanan yang disediakan oleh pemerintah untuk memudahkan dalam mengecek keberadaan dan keabsahan akta kelahiran mereka.

Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat mengetahui apakah akta kelahiran Anda terdaftar atau tidak, dan memverifikasi keabsahan informasi yang ada di dalamnya.

Jadi bagaimana Anda tahu jika data Anda asli atau palsu? Dari Portal Informasi Indonesia, berikut langkah-langkahnya: Bagaimana cara mengecek kartu keluarga dan akte kelahiran

  • ¬†Dekatkan kode QR ke perangkat HP
  • Aktifkan mode QR Scanner di setiap perangkat dan sambungkan ke website
  • www.dukcapil.kemendagri.go.id.
  • Nantinya scan ini akan menampilkan data lengkap dari setiap anggota keluarga.
  • Jika dokumen asli, akan muncul tanda centang hijau pada hasil scan dan akan tertulis sebagai dokumen aktif, Nomor Induk Kependudukan (NIK) pemohon, nama pemohon dan nomor dokumen.
  • Jika dokumen palsu atau tidak sesuai dengan yang ada di database maka akan muncul tanda centang merah.
  • Dokumen tempat tinggal yang dicetak sendiri
Artikel Menarik:  Cara Tarik Tunai DANA Di Alfamart 2023

Lalu Bagaimana Cara Mencetak Dokumen Kependudukan Secara Mandiri? Berikut Langkah-Langkahnya:

1. Mengajukan permohonan cetak dokumen kependudukan ke dinas Disdukcapil setempat atau melalui website www.dukcapil.kemendagri.go.id dan aplikasi layanan kependudukan yang disediakan oleh Disdukcapil masing-masing dengan mengunduh dari platform play store.

2. Wajib mencantumkan nomor handphone atau alamat email aktif untuk menerima data dokumen kependudukan dari petugas dalam format PDF.

3. Setelah mengajukan aplikasi, karyawan akan memprosesnya

4. Permohonan layanan kependudukan yang diproses oleh dinas setempat kemudian disetujui melalui mekanisme tanda tangan elektronik (TTE) berupa pemindai kode QR oleh kepala Disdukcapil setempat.

5. Kemudian aplikasi SIAK akan mengirimkan notifikasi SMS dan email berupa informasi link website Dukcapil dan file PDF.

6. Pada saat yang sama, layanan dukcapil lokal juga akan mencantumkan kode PIN sebagai kata kunci untuk membuka kunci layanan. PIN bersifat rahasia.

7. Jika semua dokumen diterima dari karyawan melalui email, periksa kembali relevansi datanya. Jika masih menemukan cacat, segera laporkan ke Disdukcapil setempat atau melalui www.dukcapil.kemendagri.go.id. Jika data sudah benar, Anda bisa mencetak langsung dari rumah.

Artikel Menarik:  Cara Mendapatkan Kuota Gratis Tri Yang Mudah

8. Simpan file PDF agar sewaktu-waktu dapat digunakan kembali untuk mencetak dokumen untuk berbagai keperluan.

Demikian sekilas tentang cara cek akta kelahiran online anti ribet, kartu keluarga atau lainnya secara online dan cara mencetaknya secara mandiri. Terimakasih!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments